-->

Langkah Kerja mesin 4 tak

Kita pastinya sudah tahu tentang mesin 4 tak,tetapi apakah anda sudah mengerti kenapa dinamakan mesin empat tak?

Yang dimaksud dengan mesin empat tak atau disebut juga mesin empat langkah adalah mesin yang bekerja pada 1 kali siklus pembakaran terjadi 4 kali langkah piston atau 1 kali siklus pembakaran terjadi 2 kali putaran poros engkol (crankshaft).
Langkah Kerja mesin 4 tak

Masih bingung ya?
ayo langsung kita bahas 4 langkah kerja pada mesin diesel terdiri dari: 

1. Langkah Hisap :

Pada langkah ini udara dihisap masuk kedalam ruang bakar.
Hal ini terjadi karena katup intake (in) terbuka dan posisi katup ekhaust (ex) tertutup,piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB) sehingga didalam ruang bakar terjadi kevakuman dan akhirnya udara terhisap masuk kedalam ruang bakar.

2.Langkah Kompresi:

Pada langkah ini udara dimampatkan/ditekan.
Hal ini terjadi karena katup in dan ex dalam posisi tertutup,piston bergerak dari TMB menuju TMA untuk menekan/memampatkan udara sehingga terjadi kenaikan suhu 550 derajat celcius didalam ruang bakar. 

3.Langkah Kerja:

Katup in dan ex masih dalam posisi tertutup.
Pada langkah ini bahan bakar (solar) di injeksikan ke dalam ruang bakar,karena didalam ruang bakar suhu udara 550 derajat celcius maka solar tersebut terbakar bersama udara yang panas tadi sehingga menimbulkan gaya dorong yang kuat untuk menggerakan mesin.
Pergerakan piston dari TMA menuju TMB pada saat terjadi pembakaran tersebut.

4.Langkah Buang:

Posisi katup in tertutup dan katup ex terbuka,piston bergerak dari TMB menuju TMA untuk mendorong gas buang keluar melewati katup ex dan disalurkan menuju muffler(knalpot).

Note:

Gimana mudah bukan?

sekarang anda sudah paham kenapa dinamakan mesin empat tak atau mesin empat langkah.

Ya karena terjadi 4 kali langkah piston dalam 1 kali pembakaran,dan kalau anda hitung maka dari pergerakan 4 kali piston tersebut menghasilkan 2 kali putaran crankshaft karena dari 1 kali gerakan piston naik maupun turun terjadi pergerakan 180 derajat/setengah putaran crankshaft. ......
Langkah Kerja mesin 4 tak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown