-->

Fuel Sistem Mesin Diesel

Mesin diesel dapat melakaukan proses pembakaran dipicu dengan adanya proses kompresi yang tinggi untuk menghasilkan suhu yang tinggi pula, dengan tujuan agar bahan bakar mudah terbakar tanpa bantuan alat pengapian seperti mesin bensin.
Fuel Sistem Mesin Diesel

Sehingga pada system bahan bakar mesin diesel harus dibuat dengan tepat agar proses pembakaran dapat dilakukan dengan sempurna.
Pada bahan bahan bakar mesin diesel yang digunakan adalah solar atau biodiesel yang harus terbakar dengan sempurna didalam ruang bakar sedangkan titik nyala bahan bakar tersebut lebih rendah dari pada bensin.

Maka dari itu dalam system bahan bakar mesin diesel harus terbuat dari komponen-komponen yang dapat menghasilkan tekanan dengan tujuan dapat merubah solar atau bio diesel menjadi gas sehingga mudah terbakar.

Jalur aliran fuel sistem pada mesin diesel :


  1. Fuel tank
  2. fuel line
  3. water separator
  4. fuel filter
  5. Injection pump
  6. injection pipe injection nozzle.


Note:

Fuel yang berlebihan akan dikembalikan ke fuel tank kembali melalui jalur return pada injection pump dan Injection nozzle.

Komponen dari fuel sistem:


1.Fuel tank.

Fuel tank terbuat dari baja tipis dan bagian dalamnya dilapisi dengan zat anti karat.
Fungsi dari fuel tank adalah sebagai tempat menampung bahan bakar pada unit.
Untuk bentuk bagian dalam dari fuel tank dibuat bersekat-sekat agar pada saat unit berjalan didalam tanki tidak berguncang-guncang.
Didalam fuel tank juga dipasang fuel level sensor agar pengemudi dapat mengetahui seberapa banyak fuel yang ada didalam tanki dengan hanya melihat indicator fuel level pada monitor panel.

2.Water sendimenter

Water sendimenter berfungsi sebagai pemisah kandungan air dengan fuel.
Cara kerja water sendimenter yaitu pada saat bahan bakar masuk kedalam fuel sendimenter terjadilah gaya sentrifugal sehingga air yang berat jenisnya lebih besar dari fuel terlempar ke dinding kemudian turun dan mengendap di dasar water sendimenter.

3.Priming pump

Priming pump disebut juga hand pump karena aktivasinya pompa ini digerakan secara manual yang berfungsi untuk menghisap bahan bakar dari fuel tank agar mendorong udara yang berada didalam jalur bahan bakar untuk keluar melalui sistem.
Jika didalam fuel sistem terdapat udara yang terjadi adalah mesin sulit untuk running/hidup maka dari itu udara harusdibuang keluar dari dalam fuel sistem,proses ini dinamakan Bleeding.

4.Fuel filter

Model dari bahan penyaringan fuel filter menggunakan kertas yang berpori-pori.
Fungsi dari fuel filter adalah sebagai penyaring kotoran yang terkandung dalam fuel.
Kotoran-kotoran harus di saring karena bila di dalam fuel sistem terdapat kotoran kemudian sampai di injection nozzle maka nozzle akan tersumbat dan tidak akan pernah terjadi yang namanya pengkabutan bahan bakar.

5.Pompa injeksi

Dalam pompa injeksi ini bahan bakar di hisap dari fuel tank setelah melewati berbagai macam saringan kemudian fuel akan didistribusikan ke masing masing injection nozzle sesuai timing pembakarannya. 

6.Injection nozzle

Fungsi dari injection nozzle adalah menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran dengan cara fuel yang berbentuk cair ditekan pada lubang kecil nozzle akibat dari tekanan yang besar itu maka fuel akan menjadi gas setelah melewati lubang nozzle.

Kemudian gas bahan bakar bercampur dengan udara di dalam ruang bakar dan terjadilah langkah pembakaran. ........
Fuel Sistem Mesin Diesel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown