-->

Cara memperbaiki kerusakan kipas angin

salam sejahtera untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kipas angin. Beserta beragam kerusakan yang sering terjadi pada kipas angin.

Sebelum kita melakukan Reparasi atau perbaikan pada semua peralatan elektronik maupun  non elektronik minimal kita harus mengetahui masin-masing again komponen yang berada di dalamnya. Pada kesempatan kali ini kita membahas kipas angin , jadi kita harus mengenal bagian- bagian kipas angin.

Bagian-Bagian utama kipas angin yaitu :
1) Motor penggerak
2) Bagian kipas
3) Rumah kipas
4) Rumah motor
5) Stand atau dudukan kipas lengkap dengan pengatur kecepatan

a. Motor penggerak
Jenis motor listrik yang dipakai umumnya motor induksi fasa belah yaitu motor kapasitor. Motor ini mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu yang diseri dengan kapasitor. Rotornya jenis rotor sangkar. Untuk kipas angin yang kecil, dipakai motor penggerak jenis kutub bayangan (shaded pole).

b. Bagian Kipas
Kipas yang berbentuk baling-baling adalah bagian yang berputar dan satu poros dengan rotor motor. Bagian kipas dilindungi oleh rumah kipas berbentuk kisi-kisi atau tralis.

c. Rumah motor
Rumah motor adalah tempat dudukan untuk meletakkan motor dan komponen-komponen lainnya dan dibuat dari bahan ebonite.

d. Stand atau dudukan kipas
Alat ini untuk menempatkan kipas dan rotor penggeraknya, dilengkapi dengan alat/tombol pengatur kecepatan serta tombol on/off motor.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar bagian-bagian konstruksi kipas angin di bawah.

Nah , untuk lebih jelas mengenal bagian-bagian kipas angin kali ini akan saya perlihatkan masing masing nama komponen agar lebih mudah untuk mengenalinya.

 1. Blade (baling–baling)


Blade adalah suatu benda yang berputar yang menghasilkan angin pada kipas angin.

2. Front Guard


Fungsinya sebagai pelindung blade agar tidak di sentuh saat blade berputar.

3. Rear Guard


Fungsinya sebagai pelindung motor.

4. Motor Cover



Ini juga sebagai pelindung motor.

5. Penyangga Motor


Sebagai penyangga pada motor.

6. Swicth


sebagai pengendali motor.

7. Has


Ini yang ada didalam motor, tapi ini lah yang dapat berputar dalam motor.

8. Motor Kipas Angin


Ini adalah hal yang paling utama dalam motor. Ini yang membuat kipas angin dapat bergarak.

9. Gear Motor


Ini benda yang dapat membuat kipas angin dapat berputar ke kiri ke kanan.
Bila kipas angin tersebut kita bongkar, akan terlihat unit motor seperti gambar dibawah ini

Motor Kipas Angin

Ada dua buah bagian kabel, satu bagian terdiri dari 2 kabel (kuning dan biru) dan bagian lain 4 kabel (kuning, putih, biru, dan hitam).
a) Bagian yang terdiri dari 2 kabel merupakan bagian yang tersambung kekapasitor.
b) Bagian yang terdiri dari 4 kabel, tersambung ke saklar pengatur putaran (1: lambat, 2: sedang, dan 3: cepat).

10. Komponen lain yang ada pada kipas angin yaitu Timer atau pewaktu, berfungsi untuk mengatur berapa lama kipas angin akan berputar.

11. Komponen selanjutnya yaitu thermal fuse atau sekering temperatur, berfungsi untuk membatasi arus dan temperatur motor kipas angin.

Umumnya thermal fuse yang digunakan 250V 1 A 130° C, ini menandakan sekering akan putus bila arus motor melebihi 1 A, atau temperatur motor melebihi 130° C.

Kedua kompenen tersebut merupakan jenis saklar, dengan kontak normal tertutup (nc, normally closed).


di atas kita sudah mengenal bagian komponen Kipas Angin. Kali ini di sambung dengan cara memperbaiki kipas Angin Yang rusak. Namanya Juga Alat elektronik pastinya ada masa berfungsi dengan baik, adakalanya juga perlu perbaikan.

Berikut ini beberapa kerusakan yang sering kita jumpai pada sebuah kipas angin. (kipas yang dimaksud disini adalah kipas angin yang digerakan oleh arus listrik 220 volt).
• Kipas angin mati total

 kipas angin dengan kerusakan mati total ditandai dengan bila tombol di ON kan Baling baling kipas tidak berputar, tidak ada getaran sama sekali di motor kipasnya.(seperti tidak ada arus listik yang masuk),
untuk cara mengatasinya pertama periksa sekring, kabel power (mungkin putus), cek tombol speednya, cek tombol timer (kalau ada). apabila ke empat elemen tersebut dalam kondisi baik kemudian untuk langkah kedua, cek motor kipas ( cek menggunakan multi tester) mungkin gulungannya putus atau bahkan terbakar (kemungkinan paling fatal ).
• Kipas angin Baling-baling berputar tetapi pelan.

 Kerusakan seperti ini ditandai dengan : apabila tombol di ON kan motor/dinamo kipas akan bergetar seperti dengung, baling-baling berputar pelan atau bahkan tidak berputar sama sekali.

berikut solusi untuk kerusakan seperti ini. Pertama pastikan bahwa AS nya tidak seret / macet (jika macet harus dibersihkan dulu), Kedua pastikan bahwa antara as dengan bos (bearing) nya tidak goyang/ kendor, setelah kedua langkah tersebut sudah oke tetapi kipas ndak mau berputar juga kita ambil langkah berikutnya yaitu ganti kapasitornya ( biasanya ukuran 1 mf, 1.5 mf dansebagainya)
• Kipas angin salah satu speednya mati,
(misal kipas angin mempunyai 3 tombol speed, tetapi speed no 3 mati), kemungkinan pertama kerusakan pada tombol speednya, kemungkinan kedua kerusakan pada motor/dinamo kipasnya.
• Kipas angin tidak bisa Tengok kanan dan kiri,
 Untuk kerusakan seperti ini periksa bagian belakang motor/dinamo kipas, biasanya karena terlalu lama dipakai baut pengunci antara dinamo dan roda gigi kendor. untuk kipas angin yang menggunakan dinamo tersendiri, periksa saklar on/off nya dan ada kemungkinan dinamo penggeraknya yang rusak.
• Untuk kerusakan non tehnis seperti, baling-baling paecah , leher kipas angin patah dan sebagainya , bisa kita ganti / perbaiki.

• Untuk kipas angin yang sudah menggunakan Remote control, kerusakan pada rangkaian control elektroniknya jarang terjadi, tapi kemungkinan ada juga.
Masih banyak lagi kerusakan-kerusakan pada kipas angin yang belum bisa ditulis disini.
Semoga bermanfaat.
• kipas Angin mendengung

kerusakan tersebut disebsebabkan  ketidak seimbangan titik tengah antara rotor dan stator pada kipas Anda.Bingung apa itu rotor dan apa itu stator?

• Stator adalah bagian yang diam dari sebuah kipas atau yang berisi lilitan tembaga.Terdapat lilitan yang beguna untuk membuat medan magnet yang nanti akan memutar kipas Anda.
Kalo stator bagian yang diam alias statis, rotor adalah bagian yang berputar alias rotasi.Rotor ini lah yang akan berputar pada kipas Anda.Ciri-ciri yang bisa kita lihat pada rotor adalah bagian yang terhubung langsung dengan baling-baling kipas.
Selanjutnya kita mengenal bearing dan rumah bearing.Bearing ini berfungsi untuk menahan/posisi dudukan rotor. Dalam rumah bearing nanti terdapa lock, dia berfungsi menahan bearing supaya tidak bergerak/bergeser pada posisinya.Inilah yang membuat kipas Anda mendengung,karena posisi rotor berubah karena lock bearing lepas.Gambar dari lock bearing seperti dibawah namun setiap kipas berbeda bentuk.
 Rumah Bearing
Nah, sekarang langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bongkar komponen kipas Anda.Seperti rotor,stator dan bearing.Bersihkan semua komponen, dan bersihkan bearing. Pasang komponen bearing dan pastikan lock dari bearing terpasang rapat.Tambahkan lem jika bearing sudah ter lock supaya tidak mudah lepas.
 Bentuk lock Bearing
Setelah semua bearing terpasang, rakit kembali semua komponen kipas Anda. Pastikan juga bagian dari rotornya tidak longgar atau goyang, karena ini akan menentukan letak posisi center dari magnet kipas sehingga kipas tidak mendengung lagi.Putar perlahan-lahan ujung rotor kipas yang apakah terasa berat ataukah tidak. Jika masih berat coba perikasa apakah ada yang nyangkut pada bearing kipas.
Tambahkan juga minyak goreng atau oli pelumas untuk melumasi bearing agar lebih licin dan lancar ketika diputar.Pastikan juga semua komponen terpaang dengan benat sehingga tidak ada lagi yang tertinggal. Setelah semua komponen sudah terpasang, sekarang saatnya kita tes apakah sudah berhasil atau tidak. Jika letak posisi bearing sudah center atau pas maka kipas Anda akan berputar kembali dan siap mendinginkan udara untuk Anda.


Berikut cara memperbaiki kipas angin matot dan cara perbaikannya :

1. Pertama lepas kabel stop kontak agar kita lebih leluasa untuk proses perbaikan dan tentunya kita tidak perlu was-was akan tegangan tinggi.

2. Cek kabel panel / stop kontak kipas angin.
Kabel panel merupakan penghubung utama antara peralatan listrik dengan sumber tegangan atau sumber listrik PLN. Kerusakan yang paling sering terjadi pada kabel power adalah rusaknya kepala jack kabel atau terputusnya kabel pada bagian tertentu yang tidak bisa terdeteksi kecuali jika kita robek. Biasanya sering terjadi karena ada pembengkokan pada kabel tersebut.

3. Cek koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan kipas angin. Bila Kabel power masih dalam kondisi bagus, pemeriksaan berlanjut ke komponen selanjutnya yaitu saklar kecepatan atau speed switch. Kerusakan yang sering terjadi pada komponen ini adalah titik kontak yang sudah bengkok atau los / aus sehingga ketika saklarnya di tekan akan balik lagi. Cek dengan multitster.


Cek bagian Koneksi kabel antara kabel kecepatan / bagian yang menempel pada sakalar dengan kabel yang menuju listrik langsung ( kebanyakan berwarna hitam atau putih ).

Jika kipas angin belum pernah dibongkar, pada panel bagian Saklar speed / kecepatan akan terlihat 4 buah kabel yang berasal dari trafo kumparan atau motor kipas angin. 3 kabel untuk jalur pengatur kecepatan kipas angin dan 1 kabel untuk jalur menuju sumber arus listrik. Sedangkan untuk kipas angin yang hanya 2 speed kabelnya hanya ada 3 buah yaitu 2 buah untuk pengatur kecepatan dan 1 buah untuk menuju jalur sumber arus listrik PLN. Kabel tersebut harus menunjukkan hubungan langsung ketika diukur menggunakan multitester. Cara pengetesannya adalah potong terlebih dahulu tiap kabel tersebut dari sambungan pada saklar, Sebaiknya potong dibagian tengah kabel biar mudah menyambungnya jika sobat tidak punya solder. atur posisikan saklar multitester pada X1 atau x10, lalu tempelkan ujung kabel pengukur multitester warna merah atau hitam pada kabel yang berasal dari dinamo kipas angin tersebut secara bergantian. Jika kumparan kipas angin dalam kondisi bagus maka jarum multiester akan bergerak kekanan menunjukan koneksi. Jika ada salah satu kabel yang dikukr ternyata tidak terhubung, itu menandakan ada kerusakan di bagian kumparan. Yang paling sering terjadi adalah pada bagian kabel yang terhubung ke kabel power listrik ( warna putih atau hitam ). Bila ini yang terjadi kemungkinan yang putus adalah Thermofuse ( bentuknya kecil seperti resistor ) sering disebut sekering panas. posisinya tertutup bungkus kabel warna hitam dan berada pada kabel power langsung. Jika tidak kemungkinan kawat kumparan kipas angin ada yang putus di bagian tengah. Nah jika 100% kerusakan bagian kumparan trafo, ini bagian sulit yang tidak bisa diperbaiki sendiri harus dibawah keagen layanan servis sesuai merk kipas angin sobat, untuk diperbaiki atau diganti. Terkecuali sobat juga punya keahlian khusus untuk menngulung spull atau kumparan.

4. Cek kapasitor kipas angin.Kejadian yang sering banyak dialami adalah Kipas Angin berputar lambat, kondisi begini menandakan Kapasitor yang mulai melemah, rusak bahkan mati. Ukuran Kapasitor pada Kipas Angin bervariasi antara 400V /1,8 uf hingga 400V / 2,5 uf. Bentuknya kotak hitam seperti korek api kayu dan terletak dibagian belakang tutup kipas angin.Untuk pengecekannya rada cukup lihat kondisi, jika seperti melembung / membengkak / pecah dipastikan cuma kapasitor ini yang rusak, lepaskan lalu beli di toko yang jual spare part elektronik harganya murah sekitar Rp.4500 Rp.sd 10.000, ganti dengan yang baru.


Demikian pemaran perbaikan Kipas Angin, Semoga berhasil.....
Cara memperbaiki kerusakan kipas angin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown