-->

Sistem pelumasan mesin (Lubrication Sistem)

Sistem pelumasan mesin sangat penting dalam beroperasinya sebuah mesin.
Lamanya umur kendaraan tergantung bagaimana cara kita dalam melakukan memperhatikan proses service terutama dalam pemberian pelumasan mesin agar kendaraan kita tetap optimal dan sehat selalu.
Sistem pelumasan mesin (Lubrication Sistem)

Untuk pelumasan mesin berbeda dengan sistem pelumasan komponen lain seperti transmisi,differential,dll.

Karena dalam pelumasan mesin terdapat langkah pembakaran yang menimbulkan panas terutama dibagian dalam ruang bakar dan sekitar piston sehingga pelumasan yang digunakanpun harus yang tepat untuk mesin.

Fungsi pelumasan pada mesin: 

1.sebagai pemindah dan penyerap panas komponen dalam mesin 

2.sebagai penyekat celah antara piston dengan silinder

3.sebagai bantalan benturan komponen agar meredam suara gesekan benda yang bergerak 

4.sebagai pendingin komponen didalam mesin

5.sebegai pembersih

Cara kerja sistem pelumasan mesin:

Pertama-tama oli yang ada di dalam oil pan di hisap oleh oil pump yang digerakan dari perputaran timing gear,kemudian oli di alirkan menuju oil cooler untuk didinginkan oleh bantuan dari cooling sistem,oli yang sudah diturunkan temperaturnya kemudian masuk kedalam oil filter untuk disaring kotoran yang ikut bersama aliran oil itu agar oli tidak mengandung kotoran.

Setelah itu oli diatur jumlah nya oleh regulator valve untuk di salurkan ke komponen-komponen mesin terutama bidang yang bergesekan.
Bila dari sistem pelumumasan ini terjadi kebuntuan/kelebihan tekanan maka oli akan di kembalikan ke oil pan melalui main relief valve yang letaknya setelah output oil pump. ......
Sistem pelumasan mesin (Lubrication Sistem) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown