-->

Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Cara memperbaiki injeksi motor yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian baterai atau aki sepeda motor.
Cara memperbaiki motor injeksi yang mati

Bagian ini merupakan bagian yang cukup kita pada sistem kerja sepeda motor injeksi, karena aki pada sepeda motor injeksi berguna untuk menyalakan pompa bensin.
Apabila kondisi aki sudah tidak bagus lagi, maka tentunya proses kerja dari pompa bahan bakar akan terganggu sehingga tentu sistem kerja keseluruhan dari sepeda motor injeksi tersebut.

Untuk mengetahui apakah kondisi aki masih bagus atau sudah soak terlihat dari beberapa instrumen pada sepeda motor injeksi.

Sebagai contoh, aki motor injeksi yang sudah aus atau soak apabila digunakan untuk menyalakan klakson tidak akan mengeluarkan bunyi secara maksimal.
Bahkan, kadang kala suara yang dibangkitkan dari klakson sepeda motor tersebut sangat pelan.
Apabila kebetulan pada proses pengecekan aki motor injeksi ini ditemukan masalah pada aki tersebut, maka anda bisa mencoba memperbaiki aki.

Apabila pada proses pengecekan aki ternyata tidak ditemukan masalah, maka pada tahap berikutnya adalah proses pengecekan pompa bahan bakar.
Bagian pompa bahan bakar ini tentunya sangat vital peranannya karena bertugas untuk menghantarkan bahan bakar yang berasal dari tangki sepeda motor menuju ke tempat pembakaran di mesin sepeda motor.
Bagaimana cara mengetahui apakah pompa bahan bakar masih dalam kondisi bagus atau sudah rusak?
Caranya cukup sederhana, yaitu anda cukup memutar kunci kontak ke posisi “ON”.

Apabila terdengar suara yang berasal dari dekat tangki bahan bakar maka berarti bahwa pompa bahan bakar masih dalam kondisi bagus.
Begitu juga sebaliknya, apabila setelah anda memutar kunci kontak sepeda motor ke posisi “ON” namun tidak terdengar suara apapun, yang maka pompa bahan bakar perlu dicurigai sudah bermasalah.

Apabila pompa bahan bakar sudah rusak atau sudah mati, maka tentunya sepeda motor tidak akan bisa dihidupkan karena suplai bahan bakar dari tangki sepeda motor menuju ke tempat pembakaran terhambat.

Apabila pompa bahan bakar pada sepeda motor injeksi mengalami kerusakan, maka kita perlu mengganti dengan yang baru supaya sepeda motor tersebut bisa dihidupkan kembali.

Apabila setelah dilakukan pengecekan pada bagian aki maupun pompa bahan bakar ternyata tidak ditemukan masalah, maka bagian terakhir yang perlu kita curiga yang mengalami kerusakan adalah pada bagian busi.

Busi pada sepeda motor injeksi juga memiliki fungsi yang sama dengan sepeda motor yang menggunakan karburator.
Untuk melakukan pengecekan apakah busi dalam kondisi baik atau sudah rusak adalah dengan cara melepas busi dari dudukan blok mesin, lalu menyambungkan seutas kabel pada bagian ujung besi tersebut.
Tahapan berikutnya, silahkan anda tampilkan kabel tersebut ke bodi sepeda motor sambil bagian kick starter sepeda motor ditekan. Apabila timbul bunga api, maka kondisi dari busi sepeda motor injeksi masih dalam kondisi bagus.

Begitu juga sebaliknya, apabila pada kabel yang ditempelkan di bagian body sepeda motor tidak memunculkan percikan bunga api walaupun kick starter sudah beberapa kali ditekan, maka kondisi busi sudah rusak.
Cara memperbaiki motor injeksi yang mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown