-->

Cara Memperbaiki Busi Motor

Beberapa penyebab busi motor mengalami kerusakan dengan cepat: 

1. Ruang bakar mengalami kebocoran, sehingga berakibat tenaga mesin yang didapat pda mesin sepeda motor semakin lemah walaupun gas sudah dibuka dengan lebar.
Kebocoran pada ruang pembakaran sepeda motor akan berakibat buruk pada busi karena proses pembakaran menjadi tidak sempurna.
Efeknya adalah kepala busi lebih cepat kotor dan hitam.

2. Setting bahan bakar pada sepeda motor yang menggunakan karburator kurang tepat.
Biasanya settingan yang terlalu banyak bahan bakar akan membuat kondisi ruang bakar mengalami banjir, sehingga ada sebagian bahan bakar yang tidak terbakar.
Sisa-sisa bahan bakar yang tidak terbakar akan membuat ruang bakar menjadi lembab dan kotor, sehingga berakibat busi juga ikut menjadi cepat kotor.
Efeknya adalah busi akan dengan mudah rusak dan mati.

3. Jalur pengapian pada sepeda motor yang mengalami konslet juga akan dengan cepat membuat busi mati.
Konslet pada jalur pengapian akan sangat berbahaya pada sistem sepeda motor, karena yang bisa rusak akibat hal tersebut bukan Cuma busi saja, namun bagian CDI, Kiprok dan spull atau koil juga bisa mengalami kerusakan.
Untuk itulah anda harus rutin melakukan pengecekan pada kabel-kabel dijalur pengapian, siapa tau ada yang bermasalah, misalnya adalah terbakar.
Adanya potensi terbakarnya kabel pada jalur pengapian karena kabel pada jalur pengapian dialiri oleh listrik dengan tegangan cukup tinggi, bisa mencapai 20.000 Volt.

4. Hati-hati dalam mengganti busi, karena pemasangan yang tidak tepat akan membuat busi cepat mati.
Contoh pemasangan busi yang tidak tepat adalah busi tidak terpasang dengan kuat atau masih longgar, sehingga proses letikan api pada ruang bakar menjadi tidak stabil. Busi yang goyang juga akan membuat proses pengapian diruang bakar menjadi tidak sempurna, sehingga bisa mengakibatkan tenaga motor menjadi drop.
Pemasangan busi yang longgar juga bisa merusak drat pada bagian blok sepeda motor, karena bisa saja busi dapat terlepas ketika sepeda motor sedang berjalan pada RPM tinggi.
Lepasnya busi tersebut dikarenakan adanya tekanan ekstra tinggi dari dalam ruang bakar.
Memperbaiki Busi Motor

Inilah beberapa cara memperbaiki busi motor yang bisa anda coba: 

1. Langkah awal yang bisa anda coba untuk memperbaiki busi adalah dengan merapatkan bagian kepala busi.
Biasanya jarang yang terlalu renggang pada kepala busi akan membuat sepeda motor sulit untuk dihidupkan.
Oleh sebab itu, anda bisa mencoba cara yang pertama ini.

2. Apabila cara diatas tidak berhasil, anda bisa mencoba untuk membersihkan kerak-kerak hitam yang menempel pada bagian kepala busi.
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa seting bahan bakar yang tidak tepat akan membuat busi cepat hitam dan kotor akibat banyaknya kerak yang menempel pada bagaian kepala busi.
Silahkan anda coba bersihkan kepala busi menggunakan sikat kawat dibantu dengan bahan bakar jenis apapun (Premium maupun pertamax)

3. Busi sepeda motor anda terlihat basah pada bagian kepalanya?
Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa mencoba mengeringkannya. Diamkan beberapa saja diluar juga bisa membuat busi menjadi kering. Untuk mempercepat proses pengeringan busi, anda bisa menjemurnya langsung di bawah terik sinar matahari.

3 tahapan diatas tidak banyak membantu? cara memperbaiki busi motor yang terakhir adalah dengan cara memecahkan bagian keramik busi.
Anda bisa memecah keramik busi menggunakan palu atau tang dengan cara dipukul.
Nantinya bagian yang tersisa adalah bagian besi porosnya saja.

Cara ke 4 ini sangat besar potensinya untuk berhasil.
Namun busi yang sudah dipecah bagian keramiknya hanya bisa bertahan sekitar 2 sampai 4 hari.
Namun tentunya waktu yang sebentar itu sangat bermanfaat sebagai solusi sementara mengatasi busi yang sudah terlanjur rusak namun sangat urgen.
Cara Memperbaiki Busi Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown