-->

3 Macam Jenis Velg Pada Sepeda Motor

3 Macam Jenis Velg Pada Sepeda Motor

3 Macam Jenis Velg Pada Sepeda Motor

Velg Besi (Velg jari jari)

Velg yang satu ini terbuat dari bahan logam besi yang bagian luarnya sudah di lapisi dengan krom sehingga tidak mudah karatan.
Velg jenis jari jari (rim) ini sangat terkenal dengan kekuatannya untuk menahan beban yang berat, contoh penggunaan velg jari jari atau velg besi ini biasanya terdapat pada motor tipe enduro atau motocross.
Velg jenis ini juga lebih aman digunakan dijalanan yang banyak berlubang karena memang velg besi (velg jari jari) dia sanggup untuk meminimalkan getaran pada mesin dan juga pada roda.
Kelebihan yang lain yaitu velg besi produksinya lebih murah dibandingkan dengan velg lainnya misalnya alumunium dan juga velg cw.
Kekurangan pada velg besi (jari jari) adalah gampang terserang karat apabila velg tersebut jarang di lakukan perawatan dengan baik dan teratur.
Selain itu velg besi ini biasanya mempunyai bobot agak berat tapi gak seberat velg racing (cw) sehingga saat melakukan hard breaking kurang stabil dan juga velg besi kurang cocok digunakan pada ban tubeless (sebenarnya bisa sih kalau di modifikasi )

Velg alumunium

Velg yang satu ini memang terkenal dengan bobot yang sangat sangat ringan jika dibandingkan dengen velg besi atau velg racing (cw) .
Velg jenis alumunium ini biasanya lebih awet dan tahan terdapat penyakit karatan sehingga sebagian orang memilih velg alumunium dibandingkan dengan velg besi *emm mungkin itu alasan orang orang suka velg jari jari dengan ban cacing …? gimana menurutmu bro hahaha.
OK next velg alumunium ini biasanya banyak digunakan pada motor jenis drag race dan juga road race karena velg ini memiliki bobot yang ringan sehingga sangat bagus untuk meningkatkan akselerasi dan mengejar top speed tapi ada tapinya hehe untuk handlingnya lumayan cukup stabil dan nyaman.
Oiya untuk biaya produksinya velg jenis alumunium ini lebih besar dibandingkan dengan velg besi .
Kekurangan velg alumunium biasanya kurang kuat dalam menahan benturan yang keras dan untuk menabahan bobot yang berat misalnya motor sawahh menggunakan velg alumunium jari jari maka sangat sangat tidak disarankan karena bisa saja velgnya peyok haha.
Sebenarnya pemilihan velg alumunium ini juga penting karena ada beberapa merek velg jari jari alumiunium yang sangat kuat bahannya misalnya seperti racing boy , takasago excel asia dan lain sebagainya.

Velg Cast Wheel (velg CW)

Velg CW (cast wheel) ini biasanya disebut juga dengan istilah velg racing karena velg racing ini biasanya banyak digunakan di ajang balapan motor.
Keunggulan velg racing atau CW (cast wheel) adalah bentuknya yang kokoh dan kuat sehingga saat digunakan untuk bermanuver ,nikung (cornering) dan akselerasi dia lebih stabil.
Kelebihan velg racing atau cw ini yaitu lebih mudah dalam membersihkan kotoran atau dalam perawatannya dan velg racing juga sudah support pasang ban tubless.
Kalau ngomongi berat velg racing (cw) ini bobotnya mirip mirip dengan velg besi meskipun ada beberapa velg racing yang lebih ringan.
Untuk velg racing yang ringan biasanya sudah menggunakan logam magnesium.
Sedangkan untuk biaya produksinya relatif lebih mahal dibandingkan dengan velg alumunium dan juga velg besi.
Kekurangannya yaitu lebih rentan mengalami kerusakan jika menghantam lubang besar.
Tapi semua itu balik lagi ke merek velg yang digunakan karena beda merek beda kualitasnya.
3 Macam Jenis Velg Pada Sepeda Motor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown