-->

Penyebab Getaran mesin cukup keras (vibration engine abnormal)

Getaran mesin cukup keras sampai bisa mengguncang kabin mobil, jika getaran normal itu saat mesin dihidupkan terjadi getaran kemudian hilang, tetapi bila getaran berbunyi dan getaran terasa sampai dikabin berarti ada keabnormalan di mesin.
Penyebab getaran hebat di mesin adalah:

1.Asupan bahan bakar yang tidak lancar.

Jika injector buntu atau di dalam sistem fuel ada udara maka pembakaran yang terjadi tidak sempurna apa lagi bila ini terjadi hanya pada beberapa cylinder saja,sehingga mesin berasa mati sebelah(atau kalau orang bilang mesinnya pincang).

2. Rubber mounting aus.

Bila terjadi kerusakan di rubber mounting mau itu rubber, baut ,dan dudukannya maka getaran mesin tidak bisa teredam oleh rubber mounting, yang pada akhirnya getaran mesin langsung tertransfer ke chassis.
Untuk mengatasi ini bisa mengganti dengan rubber mounting yang baru. 

3.Setelan timing pembakaran abnormal.

Bila injector yang menggunakan electric sebagai pembuka lubang injector bermasalah maka injection timing menjadi tidak tepat, yang pada akhirnya mesin menjadi bergetar hebat.
Solusinya mesin di tune up lagi. 

4.Penyetelan aligment tidak tepat.

Hal ini terjadi jika penyetelan kelurusan antara output mesin dengan transmisi yang terpisah menggunakan drive shaft(kopel) tidak lurus.note:hanya pada alat berat.

5.Kerusakan bagian dalam mesin.

Jika komponen didalam mesin ada yang aus atau rusak bisa menyebabkan getaran hebat misalnya lubang small end pada piston aus maka piston menjadi goyang dan dapat menimbulkan getaran mesin yang hebat dan noise.

Solusinya komponen mesin yang rusak harus diganti. ......
Penyebab Getaran mesin cukup keras (vibration engine abnormal) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown