-->

Intake & exhaust Sistem Mesin Diesel

Mesin diesel memerlukan jumlah udara sesuai kebutuha mesin agar tercapai rasio kompresi yang tinggi.

Mesin-mesin sekarang sudah dilengkapi dengan turbocharge yang membuat udara yang masuk ke ruang bakar lebih banyak sehingga udara yang masuk keruang bakar harus bersih dan sedingin mungkin agar pencampuran udara dengan fuel nantinya menjadi homogen.
Untuk sistem intake dan exhaust terdiri dari komponen filter udara,turbocharger,air cooler, saluran intake manifold, intake valve dan exhaust valve,exhaust manifold,muffler/knalpot
Intake & exhaust Sistem Mesin Diesel

Cara kerja intake dan exhaust sistem adalah:

Saat posisi piston langkah hisap udara luar masuk ke dalam filter udara untuk disaring kotoran berupa debu dan partikel lainya yang dapat masuk ke sistem,kemudian putaran blower turbo meningkatkan jumlah udara yang dihisap berdasarkan putaran dari turbin turbo yang digerakan oleh gas exhaust hasil permbakaran, udara yang dihisap harus diturunkan temperaturnya yaitu udara dilewati melalui air cooler dengan tujuan agar temperature udara rendah sehingga partikel udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih padat.

Untuk air cooler media pendinginannya ada yang menggunakan udara dan ada juga yang menggunakan coolant.

Setelah udara didinginkan air cooler maka udara masuk kedalam ruang bakar melalui intake manifold dan intake valve.

pada langkah kerja udara tersebut dibakar bersama dengan fuel yang menghasilkan gas buang,saat langkah buang terjadi exhaust valve terbuka dan piston mendorong gas buang tadi keluar melalui exhaust valve dilanjutkan ke exhaust manifold kemudian memutar turbin turbo untuk diteruskan menuju muffler dan dibuang ke udara luar. ......
Intake & exhaust Sistem Mesin Diesel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown