-->

Pengertian Dasar Mesin Diesel

Mesin diesel disebut juga mesin pemicu kompresi karena dalam proses pembakarannya menggunakan panas dari tekanan kompresi untuk menghasilkan pembakaran pada saat bahan bakar/fuel di injeksikan kedalam ruang bakar.
Sehingga pada mesin diesel tidak memerlukan busi atau peralatan pengapian seperti mesin berbahan bakar bensin.
Pengertian Dasar Mesin Diesel

Mesin-mesin diesel pada dunia otomotif sering digunakan pada kendaraan berkapasitas mesin besar serta tenaga yang besar untuk perjalanan dan waktu kerja yang lama,maka dari itu mesin diesel cocok digunakan oleh unit-unit mobil,truck,tractor,kapal,mesin-mesin industry dan juga karena pada mesin diesel tidak dilengkapi system pengapian listrik tegangan tinggi maka mesin diesel lebih aman digunakan untuk pekerjaan yang beresiko jika terjadi kebakaran seperti di kapal selam.

Terus mengapa dinamakan mesin diesel?

Sebenarnya nama diesel diambil dari nama orang (rudofl diesel) yang pertama kali menciptakan mesin berbahan bakar solar pada tahun 1892 sehingga namanya dipatenkan pada 23 februari 1983 untuk alat penemuannya itu.

Pada dasarnya prinsip kerja dari mesin diesel menggunakan hukum Charles yang berbunyi: "Pada tekanan tetap,volume ideal bermassa tertentu berbanding lurus terhadap temperaturnya".
Inilah yang digunakan mesin diesel saat bekerja yaitu saat udara dikompresi maka tekanan dan suhu udaranya meningkat.

Saat udara di hisap masuk kedalam ruang bakar terjadilah langkah kompresi sampai tekanan mencapai 40bar dengan perbandingan rasio kompresi 15:1 hingga 22:1 yang mana 15 berat udara dan 1 berat bahan bakar/fuel pada mesin diesel.

Jika dibandingkan dengan mesin bensin yang tekanan kompresinya hanya 14 bar maka mesin diesel lebih unggul.

Kemudian pada tekanan 40 bar suhu udara dapat tercapai di 550 derajat celcius .
Pada akhir langkah kompresi bahan bakar diinjeksikan ke dalam ruang bakar agar tercampur dengan udara yang bertekanan tinggi tersebut sehingga bahan bakar dan udara dapat terbakar dengan sempurna.

Di dunia otomobil terutama pada mesin-mesin mobil jaman sekarang mesin didesain harus dapat ditempatkan di ruang yang terbatas dan kompak dengan tujuan agar mobil dapat dengan mudah dioperasikan dan menghasilkan tenaga yang besar serta kecepatan yang tinggi.

Keunggulan menggunakan mesin diesel dibandingkan mesin dengan jenis pembakaran lainnya:

1. Karena rasio kompresi dan suhu yang lebih tinggi dari mesin bensin maka mesin diesel lebih unggul dalam efisiensi nya yang mencapai 45% dibandingkan dengan mesin bensin yang hanya 30% saja ini dapat terjadi karena mesin diesel lebih sedikit terjadi pembakaran fuel daripada mesin bensin pada saat kerja yang sama.

2. Tidak memerlukan system pengapian tegangan tinggi yang dapat menimbulkan gangguan frekuensi radio dan peralatan navigasi lainya sehingga mesin diesel aman digunakan pada kapal.

3. Komponen mesin diesel lebih kokoh dan kuat sehingga umur dari mesin diesel lebih tinggi dari pada mesin bensin.

4. Gas buang hasil pembakaran yaitu carbon monoksida nya lebih sedikit sehingga cocok digunakan untuk tambang underground.

Kekurangan dari mesin diesel yaitu: 

1. Karena tekanan kompresi mesin diesel lebih tinggi dari mesin bensin maka suara dan getarannya lebih besar juga.

2. Pada proses injeksi pembakaran mesin diesel harus presisi maka komponen dan perawatannya lebih mahal.

3. Tidak bisa melaju secepat mesin bensin pada jenis mesin diesel dengan cc yang sama. ......
Pengertian Dasar Mesin Diesel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown