-->

Cara Mengatasi Motor Yang Tidak Mau Hidup

Cara Mengatasi Motor Yang Tidak Mau Hidup

Pengapian

Dengan pertama-tama mengecek bagian pengapiannya yaitu dengan membuka busi menggunakan kunci busi setelah busi terbuka pegang pala busi tempelkan busi ke kepala silinder jaraknya kurang lebih 5 mm kunci kontak on abis itu engkol apabila memercikan bunga apinya bagian pengapian tidak ada masalah tapi apabila tidak memerikan bunga api harus mengurut kebagian yang lainya.


  1. Tutup busi rusak
  2. Busi kotor
  3. Busi basah
  4. Coil pengapian rusak
  5. Kabel tegangan tinggi korslet atau terkelupas
  6. Pick-up coil atau CDI rusak 
  7. Sambungan rangkaian kabel kelistrikan korslet atau terkelupas. 


Bahan bakar

Bahan bakar sangatlah penting karena tanpa bahan bakar bagaiman motor bisa hidup, Biasanya karena motor yang jarang dipakai atau dihidupkan menjadikan mesin dingin dan susah untuk hidupnya untuk masalah ini sampean bisa mengecek pada bagian bahan bakar, tanki bahan bakar, dan karburator.

Pertama cek tanki motor bensinnya banyak enggak siapa tau kering kayanya gak mungkin baru diisi full kok habis.
Periksa aliran bahan bakar dari tanki ke karburator siapa tau tersumbat sehingga bahan bakar tidak mengisi karburator dengan baik kemungkinan banyak kotoran atau filter bensin yang kotor lubang hawa pada tutup bensin tersumbat juga bisa menyebabkan bensin tak mau mengalir ke karbu.
Apabila aliran besin bagus tak ada masalah kemudian cek karburator dan lihat dengan baik-baik kemungkinan bisa kotor atau banyak edapan yang menyebabkan komponen karbu ada yang kesumbat ke spuyer karbu yang menutupi lubang-lubang spuyer.

Apabila sistem bahan bakar dipastikan tidak ada masalah selanjutnya cek.

Kompresi

Pertama-tama cek dengan cara buka busi setelah busi terbuka pada lubang busi tutup dengan jari atau menggunakan kain tapi jangan dalam-dalam, kemudian kunci kontak off dulu kemudian engkol apabila ada engkol berat kompresi padat tidak masalah apabila diengkol enteng.
Kemungkinan kompresi hilang untuk sementara masukan oli ke lubang busi dikitnya kemudian lubang busi tutup dengan jari atau kain engkol kalau diengkol padat berarti kompresi tak jadi masalah apabila kemudian hilang kembali susah hidupnya motor kemungkinan ada masalah yaitu :

  • Cylinder aus
  • Ring piston aus
  • Katup aus atau dudukan katup salah 
  • Pengaturan timing katup salah 
  • Crankcase, cylinder atau cylinder head bocor
  • Putaran starter motor lambat
  • Posisi peletakan busi tidak sempurna 
  • Setelan katup menyimpang.
Cara Mengatasi Motor Yang Tidak Mau Hidup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown