-->

Cara Mengatasi motor berasap

Beberapa sebab dan cara mudah memperbaiki motor berasap dengan warna putih:
Cara Mengatasi motor berasap

Secara umum, setiap cara penggunaan sepeda motor yang salah akan menyebabkan permasalahan.
Demikian pula sebaliknya, ketika kita bisa menggunakan sepeda motor sesuai dengan SOP, maka umur dari sepeda motor yang kita miliki bisa lebih awet.

Apabila kita sudah terlanjut melakukan kesalahan dalam mengoperasikan sepeda motor, dan sepeda motor tersebut sudah terlanjur rusak dengan keluarnya asap putih lewat knalpot, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
Silahkan disimak.

Knalpot yang diberi oli terlalu banyak

Sebenarnya point yang pertama ini tidak masuk kedalam jenis kerusakan sepeda motor.
Pemberian oli bekas pada knalpot sepeda motor bertujuan supaya umur pakai knalpot bisa lebih lama dan knalpot bisa terhindar dari masalah keropos.
Pemahaman ini memang sudah dimiliki oleh pengguna sepeda motor dari jaman dahulu.
Ketika mesin sepeda motor mulai dihidupkan, memang asap dari knalpot tidak langsung keluar.
Namun, setelah suhu knalpot mulai panas, maka asap berwarna putih akan mulai keluar.

Pada bagian ini, anda jangan sampai salah mendiagnosa.
Untuk memastikan apakah asap putih berasal hanya dari knalpot atau dari dalam mesin, anda bisa mencoba untuk melepas knalpot terlebih dahulu, lalu hidupkan mesin.
Apabila dari dalam lubang dudukan knalpot tidak keluar asap putih, maka yang bermasalah adalah knalpotnya.

Namun, apabila dari tempat dudukan knalpot tetap keluar asap putih, berarti anda harus melanjutkan untuk proses perbaikan ke tahap berikutnya.
Untuk memperbaiki masalah asap putih yang berasal dari oli yang disirapkan kedalam knalpot bisa dilakukan dengan mencuci bagian dalam knalpot menggunakan bensin atau oli encer.
Lakukan proses pencucian knalpot tersebut pada saat mesin motor mati dan dalam kondisi dingin.

Apabila anda tidak ingin repot, sebenanrnya dengan membiarkan saja knalpot, asap putih yang berasal dari dalam knalpot akan hilang dengan sendirinya kalo sudah habis terbakar oleh suhu yang panas.
Pada tahapan ini, jangan sampai anda membongkar mesin sepeda motor karena kesalahan diagnosa.
Yang bermasalah knalpot, namun yang dibongkar serta diperbaiki adalah mesinnya.

Kerusakan pada bagian piston dan ring piston

Apabila knalpot sepeda motor tidak mengalami permasalah, maka tahap berikutnya adalah diagnosa pada bagian piston dan ring piston.
Tahapan awal dari proses diagnosa kerusakan piston dan ring piston adalah dengan cara memperhatikan volume dan level oli mesin.

Apabila volume dan level oli mesin berkurang setiap kali dilakukan proses pergantian, maka komponen yang perlu dicurigai adalah piston dan ring piston.
Kondisi piston dan ring piston yang sudah lemah dan mengalami kebocoran tentunya akan membuat oli mesin merembes melewati sela-sela blok dan masuk kedalam ruang bakar.

Apabila ada oli mesin yang masuk kedalam ruang bakar, maka akan mengakibatkan oli terbakar, dan asapnya akan keluar dari bagian knalpot.
Untuk memperbaiki masalah piston dan ring piston, anda memang harus menggantinya.
Silahkan anda bongkar bagian blok sepeda motor dan silahkan anda coba ukur kerapatan dari pemasangan posisi piston dan ring piston.
Apabila jarang kerenggangan tersebut diatas angka 0.02 mm, maka bisa dipastikan piston dan ring piston tersebut perlu untuk diganti dengan yang baru.
Apabila anda merasa kesulitan dalam melakukan perbaikan ini, maka anda bisa membawa motor ke bengkel.

Hal tersebut tentu dikarenakan proses penggantian piston dan ring piston bisa dikatakan cukup sulit dan butuh ketrampilan yang baik mengenai permesinan sepeda motor.

Bagian botol klep yang longgar atau lobok

Apabila bagian botol klep pada sepeda motor anda sudah mulai longgar dan lobak, maka tentunya akan menyebabkan keluarnya asap dari dalam knalpot.
Solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengganti bagian botol klep dengan yang baru.

Pastikan proses pemasangan ulang pada bagian botol klep ini bisa kuat dan presisi.
Perlu kita ketahui bersama bahwa proses pemasangan botol klep yang tidak pas dengan dudukannya akan membuat kita kesulitan didalam proses skir klep pada mesin sepeda motor.
Bagian tiang payung klep yang sudah aus Apabila kondisi tiang payung sudah mulai aus, maka asap putih dari knalpot akan keluar.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara melepas bagian kuku klep dan sekaligus bagian per klep.
Tahapan berikutnya, silahkan anda masukan kembali tiang klep ke bagian dalam dari botol klep, lalu silahkan anda goyangkan ke kanan dan ke kiri.
Apabila pada saat botol klep digoyang kondisi tiang klep tidak ikut bergoyang dan kuat terpasang, maka komponen ini bisa dipasang kembali.

Namun, apabila ternyata kondisi tiang payung klep longgar, maka anda harus menggantinya dengan yang masih baru.
Kondisi klep yang mengalami kebocoran Klep yang bocor sehingga mengakibatkan keluarnya asap putih dari knalpot biasanya dikarenakan adalah tumpukan kerak pada bibir klep.

Selain itu, kondisi klep yang tidak rata juga tentunya bisa mengakibatkan masalah kebocoran pada klep.
Cara memperbaiki masalah ini adalah dengan cara melakukan skir klep sekaligus menghilangkan kerap pada bibir klep.
Untuk proses pengikisan bagian klep bisa menggunakan alat amplas cair atau amrile.
Kondisi seal klep yang keras, mati atau sudah lemah Bagian seal klep yang sudah keras, mati atau sudah lemas juga sangat berpotensi membuat motor berasap.

Untuk memperbaiki motor berasap akibat dari kondisi seal klep ini, maka anda juga harus menggantinya dengan yang baru.
Komponen seal klep yang satu ini juga termasuk salah satu komponen yang rentan dengan kerusakan.
Oleh sebab itulah sebaik mungkin kita bisa menggunakan sepeda motor sebaik mungkin supaya kondisi seal klep tetap terjaga.

Sekian penjelasan singkat mengenai penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Berasap yang bisa saya ulas dan bahas pada kesempatan yang baik ini.
Mudah-mudahan setelah anda memahami artikel diatas, kemampuan anda didalam dunia permesinan akan semakin bagus dan anda akan bisa melakukan perbaikan sepeda motor yang keluar asapnya tanpa harus membawanya ke bengkel.
Terima kasih.
Cara Mengatasi motor berasap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown