-->

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan


Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan

Jeruk bali, si kaya manfaat untuk kesehatan.

Apa yang terlintas di fikiran anda jika mendengar kata Bali, mungkin yang ada dipikiran anda adalah keindahan pantai di Bali atau bahkan tempat-tempat berlibur nan indah.
Namun pernahkah anda tahu bahwa ada daya tarik lain di Bali selain keindahan alamnya, salah satunya adalah soal buah-buahan.
Di Bali ada salah satu buah yang sangat khas, sampai diberi nama sama seperti daerah asalnya yaitu jeruk bali.

Jeruk bali adalah salah satu jenis jeruk yang memiliki ukuran lebih besar jika di bandingkan jeruk lain pada umumnya.

Jeruk bali pada umumnya tumbuh di kawasan Asia dan memiliki rasa cukup manis, sedikit masam sehingga memberikan rasa segar bila dinikmati.

Jeruk Bali atau sering disebut pomelo memiliki manfaat yang sangat luar biasa.
Begitupun kandungan vitamin pada jeruk ini juga cukup besar diantaranya mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat.
Senyawa yang terkandung di dalam jeruk Bali ini, mampu berfungsi sebagai antioksidan tinggi. Antioksidan ini bekerja untuk melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh kita sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit.

 Dengan kandungan vitamin yang cukup besar sehingga jeruk bali juga memiliki manfaat bagi tubuh antara lain sebagai berikut :

1. Menurunkan Kadar Lemak Berlebih.

Menurut penelitian jeruk bali berwarna merah dapat menurunkan kadar lemak secara lebih optimal jika di bandingkan jeruk bali dengan daging buah berwarna putih.

Bagi anda yang ingin tampil langsing atau yang sedang melakukan program diet jeruk bali merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik untuk di konsumsi terutama jeruk bali yang memiliki daging buah berwarna merah karena dapat membantu menurunkan kadar lemak berlebih dalam tubuh.

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada Jeruk bali berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.
Selain antioksidan jeruk bali juga mengandung Bioflavonoid yang berfungsi melawan kanker pankreas, kanker usus serta kanker payudara. Maka sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari secara rutin, untuk menjaga tubuh anda tetap terjaga.

3. Menurunkan Kolesterol.

Jangan anda sepelekan kulit putih pada lapisan jeruk bali. 
Sewaktu anda mengupas bagian luar jeruk bali maka setelah itu anda akan menemukan satu lapis bungkus buah berwarna putih.
Pada umumnya pada saat mengkonsumsi jeruk bali kita hanya memakan daging buahnya tanpa memperhatikan lapisan putih ini. meskipun rasanya terbilang cukup pahit tetapi lapisan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh sehingga dapat menyehatkan fungsi jantung.

4. Menjaga Kulit Agar Tetap Sehat.

Berdasarkan beberapa percobaan buah jeruk bali tidak hanya dapat berfungsi untuk organ dalam tubuh saja tetapi buah ini juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Jika kulit anda sakit, dan anda ingin mempercepat proses penyembuhan anda dapat mengoleskan krim yang terbuat dari buat jeruk bali. 

Jeruk bali juga mengandung spermadine yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Zat spermadine merupakan salah satu zat yang mampu melindungi sel-sel dari proses penuaan dan kerusakan sel kulit.

5. Mengobati Sariawan.

Jeruk bali merupakan Salah satu buah yang memiliki rasa agak asam. Jeruk bali memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Seperti yang kita ketahui vitamin C sendiri memiliki fungsi untuk mencegah sariawan, dan menjaga kesehatan mulut.

6. Mengobati Batuk Berdahak.

Manfaat selanjutnya jeruk bali dapat mengobati gangguan tenggorokan seperti batuk berdahak.

Caranya anda dapat menggunakan 100 gr daging buah jeruk bali, 10 gr kulit jeruk mandarin, dan 15 gr kencur, 10 gr jahe, gula merah secukupnya.
rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, dan diminum air rebusan pada saat kondisi masih hangat.

7. Mengobati Asma.

Jika anda mengalami asma anda dapat menggunakan jeruk bali sebagai alternatif untuk mengobatinya.
Caranya Gunakan 100 gr kulit buah jeruk bali segar, 20 gr pahap/umbi bunga lili kering, 10 gr kencur direbus dengan air 800 cc hingga tersisa 200 cc disaring, kemudian minum airnya.
Lakukan cara ini secara rutin, maka perlahan asma dapat teratasi.

8. Mengobati Jantung Berdebar.

Pernahkan anda mengalami kondisi jantung tiba-tiba sering berdebar tanpa sebab yang jelas.
Anda dapat menggunakan jeruk bali untuk mengatasinya.
Caranya Gunakan 60 gr bunga jeruk bali, 10 butir biji teratai direndam hingga lembut, lalu direbus dengan air secukupnya sampai biji teratai matang, biji teratai dimakan, dan airnya diminum.

9. Mengatasi Rematik.

Manfaat berikutnya jeruk bali dapat mengatasi rematik.
Caranya, Gunakan 100 gr daging buah jeruk bali, 10 gr jahe merah, dan 15 gr temulawak, 15 gr sambiloto rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc disaring, tambahkan madu secukupnya, dan diminum secara rutin.

Itulah beberapa manfaat jeruk bali yang sangat efektif dan efesien dalam menjaga kesehatan tubuh kita, selain nikmat rasanya namun juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.
Manfaat Jeruk Bali Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown