-->

Manfaat Kulit Manggis Untuk Penyakit Diabetes

NAMA PENYAKIT: DIABETES
NAMA TANAMAN OBAT: Manggis NAMA LOKAL: buah manggis, manggu.

Buah manggis
URAIAN SINGKAT.

Manggis (Garcinia mangostana L.)

merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia yang mempunyai potensi ekspor sangat besar. Tanaman ini mendapat julukan ratunya buah (queen of fruit) karena keistimewaan dan kelezatannya. Julukan lain untuk buah manggis adalah nectar of ambrosia, golden apple of hesperides, dan finest in the world.
Bahkan ada yang menyebutnya sebagai buah kejujuran, lambang kebaikan dan mendatangkan keberuntungan, sehingga di beberapa negara dijadikan sebagai buah utama untuk sesaji (Balai Penelitian Tanaman Buah, 2006).

Di balik keesotikannya, manggis menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan atau biasa disebut sebagai pangan fungsional (functional food).

Di beberapa negara sudah sejak lama manggis dijadikan sebagai obat dan bahan terapi, terutama bagian kulitnya .

KOMPOSISI

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: 

Kulit buah manggis

yang dikategorikan sebagai limbah, mengandung 62,05% air, 1,01% abu, 0,63% lemak, 0,71% protein, 1,17% gula dan 35,61% karbohidrat.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan kulit buah manggis kaya akan antioksidan terutama antosianin, xanthone, tannin dan asam fenolat yang berguna sebagai anti diabetes, anti kanker, anti peradangan, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, aromatase inhibitor, anti bakteri, anti fungi, antiplasmodial dan aktivitas sitotoksik.

CARA PEMANFAATAN.

Keroklah kulit buah Manggis di bagian dalam dengan menggunakan sendok.
Dalam tahapan ini, Anda harus pandai memilih buah Manggis yang kulitnya bagus dan tidak busuk untuk memperoleh kulit buah yang berkualitas tinggi.
Saat melakukan pengerokan kulit buah, hindari bagian yang berwarna hitam atau getah kuning supaya jusnya tidak terasa pahit.

Setelah hasil kerokan kulit buah dikumpulkan, langkah selanjutnya ialah merebus kulit buah Manggis tersebut.
Langkah ini sebenarnya alternatif kalau Anda tidak mau rasa jusnya terlalu pekat dan pahit.

Dengan direbus terlebih dahulu, maka rasa sepat dan pahit bisa diminimalisir.

Masukkanlah hasil kerokan kulit buah Manggis atau air rebusan kulitnya kedalam blender, tambahkan air matang sebanyak satu gelas, dan Gula Aren.

Jus kulit buah Manggis pun telah siap diminum.

Aturan pakai:

Anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali sehari, sebanyak 3-4 sendok setelah makan.

Yang patut diperhatikan:

Yang patut diketahui juga bahwa permukaan jus kulit buah Manggis akan menghitam kalau terkena udara (makanya disarankan untuk disimpan di tempat tertutup).
Manfaat Kulit Manggis Untuk Penyakit Diabetes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown